Thursday, June 21, 2018

Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++

Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++

Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++
Thursday, June 21, 2018
Pengertian, Fungsi dan Contoh Komentar dalam C++ - Dalam membuat suatu program pasti kalian akan menuliskan kode-kode yang mungkin hanya diketahui oleh kalian sebagai pembuat program. Maka dari itu untuk menangani masalah masalah tersebut, sebagai programmer yang profesional menambahkan beberapa komentar mengenai algoritma dalam sebuah programn tersebut. Agar Algoritma dalam program tersebut dapat lebih mudah diapahami oleh orang yang melihatnya. Dengan adanya komentar sebagai penjelas dapat memudahkan jika kita melakukan proses pemeliharaan atau yang biasa kita sebut maintence program yang telah kita buat. Komentar ini juga dapat kalian gunakan sebagai infromasi pembuat dan sebagainya.



Pengertian Komentar Bahasa C++

Dalam Bahasa Pemrograman C++ atau Bahasa Pemograman yang lain disediakan keterangan-keterangan pada program yang kita tulis, yang biasa kita sebut dengan komentar. Komentar adalah bagian dari kode yang tidak dibaca oleh compiler pada saat kita mengcompile program tersebut. Bisa kita katakan jika kita menulis dengan perintah komentar semua yang kita tuliskan tidak ikut dieksekusi oleh kompilator/compiler, karena hanya sebagai penjelas program.

Baca juga: Mengenal Apa itu Kompilator atau Compiler

Pada Bahasa Pemrograman C++ komentar terdapat 2 macam, yakni komentar single line atau yang biasa kita kenal dengan satu baris, dan komentar mulit-line atau beberapa baris. Kita dapat menggunakan keduanya atau hanya salah satu saja, dan tidak akan berpengaruh pada program yang kita buat.


Komentar Menggunakan Single-Line (//)

Komentar ini hanya digunakan sebagai penjelas hanya satu baris. Jika kita menggunakan tanda dua garis miring (//) maka akan menjadi komentar adalah setelah tanda // . Setelah baris selanjutnya maka itu bukan termasuk dalam komentar. Jika kalian menulis bukan di tanda // maka compiler akan membaca program tersebut dan kompilasi program akan menjadi error. Berikut contoh Komentar menggunakan Single-Line:
Komentar Single-Line (benar)
//ini adalah komentar, yang berguna sebagai penjelas
Komentar Single Line (Salah) yang menyebabkan program error
//ini adalah komentar,
yang berguna sebagai penjelas
Penulis dari contoh yang kedua merupakan contoh penulisan komentar yang salah. Karena Komentar tersebut tidak masuk dalam komentar single-line.

Contoh lain kesalahan pada komentar
int //tipe data guna mendeklarasikan variabel bilangan X;
Tanda (X;) yang diikuti sebelumnya juga tidak dapat digunakan sebagai sisipan karena program akan dianggap sebagai komentar bukan sebagai variabel. Penulisan yang benar yakni seperi dibawah ini
int X; //Tipe data guna mendeklarasikan variabel bilangan
Untuk lebih jelas dalam memahami apa itu komentar, saya akan memberikan program yang menggunakan komentar.
#include <iostream>
using namespace std;

//Nama : Zona Pemrograman
//Situs : www.ZonaPemrograman.me

int main (){
//sourcecode untuk menampilan Hello world
cout << "Hello World";
return 0;
}
Komentar komentar tersebut tidak akan dibaca sebagai program, untuk lebih jelas bisa lihat gambar dibawah ini.



Komentar Menggunakan Multi-Line (/*.....*/)

Jika menggunakan komentar multi-line maka program baris selanjutnya akan dibaca sebagai komentar jika kalian tidak menutupnya. Tanda untuk menggunakan komentar multi-line ini seperti ini (/*.....*/). Maka dari itu jika menggunakan komentar jangan sampai lupa untuk memberikan kedua tanda tersebut sebagai pengawal dan penutup.

Contoh Penggunaan Komentar Multi-Line
/* ini merupakan komentar multi-line saya */
/*ini juga merupakan salah satu komentar
multi-line
saya*/
Komentar multi line ini juga dapat digunakan sebagai sisipan dalam sebuah program contohnya dibawah ini.
int /*ini merupakan tipe data guna mendeklarasikan variabel berupa bilangan */ X;

Tapi komentar multi -line ini tidak dapat kalian gunakan beruntun atau sering kita kenal dengan nested. Contoh salah berikut ini
/*ini merupakan /*contoh komentar ane*/ nested*/
Walau kita lihat komentar tersebut benar tapi sebetulnya itu salah karena dalam program jika ditemukan pertama kali /* yang merupakan komentar awalan dan program atau keterangan yang ditulis setelah tanda tersebut akan dianggap komentar sebelum ditutup dengan tanda */. Maka dari itu tanda komentar kedua dalam contoh tersebut masih dianggap komentar dan tidak berlaku sebagai program.

Untuk lebih jelasnya dalam lihat contoh program berikut ini.
#include <iostream>
using namespace std;

/*Nama : Zona Pemograman*/
/*Situs : www.ZonaPemograman.me
Situs Pembelajaran Coding Lengkap*/

int main (){
//sourcecode untuk menampilan Hello world
cout << "Hello World";
return 0;
}
Tanda tanda komentar tersebut tidak akan dibaca sebagai hanya sebagai penjelas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang merupakan hasil kompilasi.



Fungsi Komentar Bahasa C++

Fungsi- fungsi dari komentar ini adalah sebagai berikut:
  1. Digunakan sebagai penjelas suatu algoritma program yang kita tulis, agar jika orang melihat program kita, orang tersebut dapat mudah mengerti mengenai program yang kta tulis.
  2. Dapat digunakan sebagai pemeliharaan (maintence) dalam program yang telah kita buat.
  3. Memberikan tulisan keterangan yang berguna sebagai informasi kode program, seperti halnya nama, penulis, dan pembuat.
  4. Jika kita telah lama membuat program tersebut dan ingin merubah konsep program tersebut kita dipermudah dengan berbagai penjelasan yang terdapat komentar dalam program tersebut.
  5. Memberika kemudahan agar programmer lain dapat mengerti program yang kita buat.


Hanya itu materi dari komentar dalam C++ ini. Komentar akan sangat berguna jika kita membuat ribuan baris program yang dibuat. Komentar juga sangat berguna untuk memberikan keterangan- keterangan mengenai kode program yang ada.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon