Thursday, July 5, 2018

Percabangan IF Satu Kondisi C++

Percabangan IF Satu Kondisi C++

Percabangan IF Satu Kondisi C++
Thursday, July 5, 2018
Pernyataan IF Satu Kondisi Percabangan Bahasa C++Tengah malam ini saya akan membagikan mengenai percabangan. Mungkin yang baru belajar pasti asing dengan kata tersebut maka dari itu disini saya akan jelaskan mengenai percabangan dengan menggunakan pernyataan IF.



Pengertian Percabangan

Percabangan adalah suatu kondisi yg memberikan pilihan dalm suatu pernyataan yg akan di jalankan jika ada pilihan yg di dasarkan dengan kondisi tertentu didalam sebuah proses pogram. Percabangan ini dapat saya artikan jika terdapat pernyataan yang kondisinya memenuhi maka atau anggap saja disini benar maka akan diekseskusi dalam program percabangan lanjutan.. Tapi jika pernyataan tersebut tidak memenuhi kondisi tersebut atau bisa kita anggap salah maka pernyataan atau statemen tersebut tidak akan dijalankan dalam proses percabangan atau bisa dianggap diabaikan oleh compiler, tapi jika pernyataan salah tersebut terdapat proses percabangan maka akan diproses sesuai perintah. Karena dalam percabangan C++ terdapat 4 cara penulisan yang digunakan dalam Bahasa C++.

Coba pahami kalimat dibawah ini.
"Jika W mendapat nilai 100 maka A akan membelikan Bunga untuknya"

Dalam kalimat tersebut jika kita buat program dengan jawab ya atau tidak maka kita perlu menggunakan statemen yang berbeda. Nah ini kegunaan percabangan tersebut untuk memberikan suatu pilihan jika dimisalkan seperti soal diatas. Saat ini saya akan bahas mengenai Pernyataan IF satu kondisi.

Pernyataaan IF Satu Kondisi

Seperti yang telah kalian ketahui percabangan merupakan pemilihan statemen yang dipakai guna memecahkan 2 atau lebih perosoalan dengan cara mengambil keputusan. Dalam percabangan sebetulnya terdapat banyak kondisi tapi saat ini saya akan bagikan mengenai percabangan Percabangan yang hanya menggunakan satu kondisi. IF satu kondisi ini mempunyai pilihan jika kondisi benar maka perintah tersebut akan dikerjakan, sedangkan kondisi tersebut salah maka perintah tersebut tidak akan dikerjakan.

Untuk lebih jelasnya saya berikan sedikit diagram alir yang memudahkan pemahaman kalian.
Pernyataan IF Satu Kondisi Percabangan Bahasa C++
Diagram IF Satu Kondisi

Penulisan Pernyataan IF Satu Kondisi

struktur ini merupakan struktur yg paling sederhana karen struktur hanya melibatkan 1 ekspresi yang akan diperiksa oleh compile. Jika pernyataan salah, akan mengerjakan instruksi selanjutnya. Struktur IF jika terdiri hanya satu statement yaitu:
if (kondisi)
Statemen;
jika terdapat lebih dari satu statemen maka dalam penulisan ditambah dengan buka tutup kurung kurawal "{}"
if (kondisi){
statement1; statement2;
}
Untuk lebih mudah dalam memahami Pembahasan mengenai Percabangan Pernyataan IF Satu Kondisi disini juga akan memberikan Contoh Programnya
Sources Code
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int m, n, hasil;
cout << "Masukkan Nilai M : ";
cin>> m;
cout << "Masukkan Nilai N : ";
cin>> n;

if (m>n){
cout << "Angka M lebih Besar daripada N";
}
cout << "\n";
hasil = m*n;
cout << "Hasil kali antara M dan N : " << hasil;

return 0;
Hasil Compile


Bisa dilihat codingan diatas, jika kita memasukkan m=6 dan n=3. karena kondisi m dan n memenuhi dalam kondisi if, maka pernyataan dalam kondisi if akan dieksekusi. Dan menampilkan Angka M Lebih Besar Daripada N dan mengeluarkan Hasil kalinya.

Tapi jika kita memasukkan nilai M lebih kecil dari n contoh nya m = 3 dan n =6 maka pernyataan kondisi if tidak diseksekusi karena tidak memenuhi dan langsung mengalikan dan mendapat hasil tersebut.

Untuk lebih jelasnya coba kalian copas program diatas ke dalam DevC++ kalian. Setelah itu pelajari kasus diatas.

Itu saja yang dapat saya bahas mengenai Pernyataan IF satu kondisi dalam percabangan Bahasa C++. Semoga dengan artikel ini memberikan banyak manfaat dan menambah ilmu kalian. Jika terdapat pertanyaan bisa kalian tulis di kolom komentar atau bisa kalian tulis lewat contact form. Sekian dan Terima Kasih telah Berkunjung disitus kami.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon