Sunday, July 7, 2019

Apa yang harus dilakukan Pemrograman Pemula

Apa yang harus dilakukan Pemrograman Pemula

Apa yang harus dilakukan Pemrograman Pemula
Sunday, July 7, 2019
Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menghubungkan manusia dengan mesin. Untuk pemula yang masih awam dengan coding, pemrograman tidaklah mudah dipahami. Namun percayalah mempelajari bahasa pemrograman tidaklah mustahil, meskipun untuk orang yang awam teknologi sekalipun.


"I think everybody in this country should learn how to program a computer because it teaches you how to think." - Steve Jobs pendiri Apple Inc.

Belajar pemrograman dapat dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang pendidikan apapun. Pada zaman sekarang banyak sumber media belajar pemrograman yang dapat diakses. Informasi yang didapat pun lebih cepat dan dapat diterima dengan mudah.



Dalam menuliskan sebuah program dalam bahasa apapun, ada hal yg perlu di-perhatikan, dan bisa dikategorikan dua aspek yaitu: tangible (yang langsung terlihat nyata ketika mem-pelajari bahasa pemograman) dan intangible (tak ada sangkut paut langsung dngan bahasa pemograman).

Aspek Tangible


Aspek ini merupakan aspek terlihat nyata saat mempelajari pemrograman.

Development Environment


Banyak bahasa pemograman menulis-kan program membutuhkan konfigurasii yg cukup komplek. Hal ini yag haus dicek terlebih dahulu dengan cara mengeluarkan tulisan 'Hello World' pada console. Setiap bahasa pemrograman memiliki konfigurasi development environment yang berbeda.

Aturan Penulisan


Penulisan dalam bahasa pemrograman memiliki kekhasan yang membedakannya dengan bahasa pemrograman lainnya. Huruf kapital dengan huruf bukan kapital memiliki perbedaan dalam bahasa Java, namun dalam C penggunaan huruf kapital dan bukan kapital dianggap sama. 

Penulisan variabel juga bersifat case sensitive artinya penggunaan huruf kapital sangat diperhatikan. Seperti variabel a dengan A merupakan dua variabel yang berbeda.

Disiplin menutup kurung


Dari pengalaman saya, sering kali error dalam program hanya lupa memberi kurung tutup. Di mana kurung tutup sangat penting. Jika anda menggunakan interpreter program anda akan tetap berjalan, namun jika anda menggunakan compiler program sama sekali tidak dapat dikerjakan.

Penamaan method, fungsi dan variabel


Nama method, fungsi, dan variabel sebaiknya ditulis seakurat mungkin sesuai apa yang dilakukan oleh variabel, fungsi, atau method. Ini terdengar sepele namun percayalah hal ini akan memudahkan  anda jika harus melakukan debugging atau memahami kode orang lain. 

Anda mungkin beranggapan menaruh komentar dapat membantu untuk mengerti setiap variabel yang tidak akurat. Ini juga yang saya lakukan saat saya masih belajar pemrograman. Namun jika program anda memiliki 30 ribu baris kode, menuliskan komentar untuk memahami maksud variabel sangat tidak berguna.

Konsep/logika pemrograman yang dipakai


Beberapa bahasa pemrograman mempunyai konsep dan logika yang sedikit berbeda. Seperti pascal yang ditulis dalam fungsi-fungsi memiliki perbedaan dengan Java yang ditulis dalam objek. Umumnya dalam bahasa pemrograman dikenal dengan bahasa pemrogaman struktural dan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau lebih dikenal dengan singkatan OOP.

Sabar membaca pesan kesalahan


Programmer pasti pernah mengalami error, programmer yang expert pun saya rasa pernah mengalaminya. Kesalahan bukanlah dari akhir segalanya, ada banyak cara untuk mencari kesalahan terletak pada bagian mana. Cara yang paling effektif dengan cara membaca pesan error yang ditampilkan. Jangan malu untuk bertanya letak kesalahan atau maksud kesalahan kepada orang lain.

Untuk kesalahan output compiler atau interpreter tidak akan menampilkan pesan error. Jadi untuk penanganannya akan lebih sulit jika dibandingkan dengan kesalahan lain. Coba lakukan debugging untuk mengetahui letak kesalahan dalam program.

Aspek Intangible


Aspek ini merupakan aspek yang tidak ada sangkut pautnya dengan pemrograman, namun akan sangat diperlukan dalam pemrograman.

Keahlian berbahasa Inggris

Tak bisa di pungkiri hampir semua materi belajar yang lebih berkualitas untuk pemograman ada dalm bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris sangat menunjang untuk mempelajari hal baru dan meningkatkan pengetahuan di luar bahasa Indonesia.

Keahlian bertanya secara terstruktur dan runtut


Banyak programmer pemula yang hanya menyisipkan screenshot dan bertanya letak kesalahan ada pada bagian mana. Dalam forum-forum pasti pertanyaan yang seperti ini tidak akan memperoleh jawaban yang memuaskan.

Untuk bertanya dengan baik berikan konteks atau garis besar apa yang sedang dilakukan dan ingin dicapai, apa yang telah di lakukan sebelum muncul-nya pesan error, langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan dan jangan lupa untuk memberi ucapan terima kasih kepada orang yang membantu.

Penguasaan pada matematika


Pernahkan anda memikirkan bagaimana google mencari jalan dengan jarak terpendek di google maps? Ilmu matematika digunakan untuk menentukan jalan yang harus dilalui dengan jarak terpendek.

Logika matematika akan membantu membentuk pemikiran sebagai seorang programmer.

Cobalah membuat algoritma anda sendiri


Pemrograman melatih kita mencari masalah dan menemukan solusi atas masalah tersebut. Untuk mengasah kemampuan dalam memecahkan masalah dilakukan dengan melakukan latihan-latihan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Jika anda sudah tidak mampu memecahkan masalahnya anda perlu mencarinya di internet, namun jangan hanya melakukan copy paste. Tulislah sendiri kode program dan coba untuk memahami bagaimana kode tersebut bekerja.

Jangan hanya menghafal


Jangan samakan dengan belajar pengetahuan umum sewaktu sma. Belajar dengan cara menghafal sangatlah tidak effektif. Percayalah banyak programmer diluar sana yang tidak hafal dengan perintah-perintah kode yang digunakan. Saya sarankan untuk memperbanyak belajar memecahkan masalah matematika, karena ini sangat membantu untuk memecahkan masalah pemrograman.

Praktekan kode


Pemrograman ibaratnya seperti anak yang berlatih naik sepeda. Seberapa keras pun dia membaca buku mengenai cara naik sepeda, tanpa mempraktekkannya dia tidak mungkin bisa naik sepeda. Sama halnya dengan belajar pemrograman, anda selalu membaca buku pemrograman namun tidak pernah mencobanya, anda tidak mungkin bisa membuat program yang anda butuhkan.


Untuk belajar pemrograman, awalnya memang berat. Jika terasa berat, ingat apa tujuan anda untuk belajar, mengapa anda mempelajarinya, dan apa yang ingin anda raih untuk belajar. Percayalah tidak ada seorang pun yang bisa tanpa belajar.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon