Tuesday, August 13, 2019

Pengertian Sequential Search dan Implementasinya

Pengertian Sequential Search dan Implementasinya

Pengertian Sequential Search dan Implementasinya
Tuesday, August 13, 2019
Sequential search adalah algoritma pencarian dengan menelusuri urut dari awal sampai akhir. Algoritma sequential search biasanya diimplementasikan oleh angka. Namun untuk teks string juga dapat diimplementasikan dengan algoritma ini.

Biasanya dalam java sudah terdapat library khusus yang digunakan untuk melakukan pencarian. Namun untuk bahasa tingkat tinggi seperti pascal, kayaknya belum memiliki library searching.

Searching dengan sequential search memiliki worst case apabila angka yang dicari berada di akhir array atau angka yang dicari tidak terdapat pada array. Sedangkan best case searching ini ketika angka yang dicari berada paling depan atau awal array.

Bagaimana cara kerja searching dengan mengurutkan dari awal sampai bilangan terakhir? Searching ini membandingkan angka yang dicari dengan angka yang berada dalam array satu per satu sampai angka yang dicari didapatkan.

Searching ini dapat digunakan tanpa terlebih dahulu mengurutkannya. Berbeda dengan algoritma binary search yang saat kita mau melakukan pencarian kita harus menggunakan angka yang sudah terurut.

Source code Sequential Search


Di bawah ini adalah source code untuk sequential search dengan menggunakan bahasa C++. Untuk mengubahnya ke dalam bahasa lain anda hanya perlu mengubah beberapa syntax. Karena algoritma akan bersifat universal untuk semua bahasa pemrograman yang digunakan.


Penjelasan


Kita memiliki angka-angka dalam array 1 dimensi. Untuk mencari panjang array kita gunakan operasi yang berada pada variable n.

Sebelum melakukan pencarian kita ingin menampilkan bilangan-bilangan yang berada pada variable angka. Kita menggunakan looping sebanyak n untuk melakukannya.

Untuk mengetahui angka yang dicari sudah ketemu atau belum kita gunakan variable boolean ketemu. Variable temp digunakan untuk melakukan looping sampai akhir dari array angka.

Dengan cara menghentikan perulangan saat ketemu membuat program menjadi ringan karena kita sudah tidak perlu lagi mencarinya sampai akhir array angka. Namun Cari ini tidak dapat digunakan untuk mencari dua nilai pada array yang sama.

Output


10 20 30 40 50 60 70 80 90 100
angka 5 tidak berada dalam array

Baca Juga: Pengertian Array dan penggunaannya dalam C++

Untuk mencari dua atau lebih nilai yang sama dapat dengan mudah mengedit program diatas dengan melakukan pencarian sampai akhir array. Cobalah untuk mengedit algoritma diatas agar dapat digunakan untuk mencari dua atau lebih nilai yang sama.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon