Wednesday, September 4, 2019

Membuat Lingkaran dan Garis Bergerak Seperti Menggambar pada Java

Membuat Lingkaran dan Garis Bergerak Seperti Menggambar pada Java

Membuat Lingkaran dan Garis Bergerak Seperti Menggambar pada Java
Wednesday, September 4, 2019
Dalam pemrograman juga ada pemrograman grafik. Umumnya semua bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat grafik. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Java.

Untuk membuat lingkaran kita membutuhkan beberapa library yang ada di Java. Seperti JPanel, JFrame, Graphics, dan sebagainya.

Membuat lingkaran yang tidak bergerak kita dapat menggunakan library bawaan java. Namun untuk membuatnya bergerak kita tidak bisa langsung menggunakan library dari Java.

Disini kita akan membuat lingkaran dan garis yang dapat bergerak atau animasi seperti gerakan seseorang yang sedang menggambar. Untuk itu diperlukan pemahaman mengenai rumus lingkaran dan rumus garis yang nanti akan kita gunakan.

Yang ingin kita buat adalah lingkaran yang bergerak dan garis yang bergerak setelah itu diikuti dengan lingkaran yang bergerak. Bergerak disini saya maksud dengan gerakan tangan seperti menggambar. Lihat contoh gambar yang ingin dibuat dibawah ini.


Kita akan membentuk gambar seperti diatas. Pertama-tama pelajari dulu persamaan garis lurus dan persamaan pada lingkaran.

Persamaan Garis Lurus


Secara umum persamaan garis lurus dihitung dengan rumus:

y = mx + c

Keterangan:


  • m adalah gradien; m = (y2 - y1) / (x2 - x1)
  • c adalah konstanta gradien

Kita dapat menggunakan persamaan tersebut untuk menentukan persamaan garis yang dibuat dan mencari titik pusat lingkaran. Untuk menentukan gradient yang tegak lurus kita membutuhkan rumus:

m1 m2 = -1

Dengan rumus diatas kita dapat menentukan pusat lingkaran. Kemudian kita membutuhkan Persamaan Lingkaran.

Persamaan Lingkaran


Dalam persamaan garis singgung lingkaran terdapat rumus persamaan lingkaran yang berkaitan dengan titik singgung (x1,y1) dan gradien garis singgung (m). Untuk menyelesaikan persamaan lingkaran yang diketahui titik singgung (x1,y1) dapat menggunakan rumus dibawah ini:


Selanjutnya terdapat rumus persamaan lingkaran jika diketahui gradien garis singgung (m) yaitu:


Untuk menentukan titik titik pada lingkaran kita membutuhkan persamaan parameter lingkaran berikut ini :



Setelah mempelajarinya kita akan masuk kedalam kode program Java yang akan kita implementasikan.

Program diatas menggunakan bahasa Java. Untuk penjelasannya lihat dibawah ini:

  • JPanel digunakan untuk menggambar pada method paintComponent,
  • JFrame digunakan untuk membuat frame aplikasi,
  • SwingUtilities opsional, nggak dikasih juga gak masalah,
  • Scanner digunakan untuk inputan pada console,
  • Constructor berisi algoritma menentukan pusat lingkaran dan menjalankan program draw yang berulang,
  • Timer digunakan untuk melakukan delay pada graphic,
  • Method gambarLingkaran adalah algoritma membuat lingkaran,
  • Method gambarGaris adalah algoritma membuat garis,
  • Method getPrefencesSize digunakan untuk menentukan ukuran dari Frame,
  • Method paintComponent digunakan untuk menggambar grafik.

Cara kerja program secara keseluruhan adalah mengambil titik-titik pada apa yang ada dilingkaran. Kemudian titik-titik tersebut akan disimpan dalam List kemudian menggambarkannya dengan timer. 

Karena java tidak memiliki method untuk menggambar titik, maka menggunakan cara alternatif dengan menggambar lingkaran.

Itu adalah Cara Menggambar Lingkaran (Circle) dan Garis (line) bergerak seperti menggambar. Sekian pembahasan kali ini terima kasih.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon