Friday, July 6, 2018

Percabangan IF Dua Kondisi C++

Percabangan IF Dua Kondisi C++

Percabangan IF Dua Kondisi C++
Friday, July 6, 2018
Pernyataan IF Dua Kondisi Percabangan Bahasa C++Setelah kemarin kita telah belajar mengenai pernyataan IF menggunakan satu kondisi, sekarang kita akan belajar mengenai Percabangan IF dua kondisi.  Hampir sama tapi sedikit beda. Tidak ada beda nanti sama. HEHEHHE. Pernyataan IF dua kondisi dalam percabangan Bahasa C++, dalam pemakaiannya kita hanya menggunakan IF dan Else. Agar kalian lebih jelas mengenai materi ini mari kita simak tulisan saya ini.


Pengertian Percabangan

Agar selalu ingat mengenai percabangan, Maka dari itu saya awali dengan mengetahui Apa Itu Percabangan ? Percabangan adalah suatu kondisi dimana sebuah program memberikan pilihan pemrosesan yang keduanya diproses atau diabaikan. Saya kasih contoh untuk menjabarkan pengertian tersebut. Contoh Kasus.

Jika Kamu belajar maka kamu bisa mengerjakan, sedangkan jika kamu tidak belajar kamu tidak akan bisa mengerjakan

Maksud dari kalimat kasus tersebut. Kamu memilih belajar maka prosesnya kamu akan bisa mengerjakan setiap soal. Tapi jika kamu memilih tidak belajar maka kamu kesulitan untuk mengerjakan soal tersebut.

Jadi intinya percabangan merupakan pemilihan yang digunakan untuk memproses program selanjutnya.

Tapi pada kali ini kita hanya akan membahas mengenai Pernyataan IF Dua Kondisi. Seperti ini diagram alisrnya.
Pernyataan IF Dua Kondisi Percabangan Bahasa C++
Diagram Alir Pernyataan IF Dua Kondisi


Pembahasan Pernyataan IF Dua Kondisi

pernyataan IF kali ini sedikit sama, dan ada perbedaan, perbedaanya menggunakan 2 pemilihan proses menggunakan IF dan Else, Dalam pernyataan ini terdapat pernyataan yang akan bernilai salah dan bernilai benar, dan dua kondisi tersebut dapat diberi pernyataan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara penulisan Struktur IF Dua Kondisi bisa kalian liht dibawah ini.
if(kondisi){
statemen1_jika_nilai_terpenuhi;
}

else {
statemen2_jika_nilai_tidak_terpenuhi;
}
Nah itulah struktur penggunaan dalam Bahasa Pemrograman C++. Untuk lebih jelasnya saya juga telah membuatkan sebuah program yang mungkin berguna untuk pembelajaran kalian.
Sources Code :
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
int m, n, hasil;
cout << "Masukkan Nilai M : ";
cin>> m;
cout << "Masukkan Nilai N : ";
cin>> n;

if (m>n){
cout << "Angka M lebih Besar daripada N";
}
else {
cout << "Angkak N Lebih Besar daripada M";
}
cout << "\n";
hasil = m*n;
cout << "Hasil kali antara M dan N : " << hasil;

return 0;
}
Hasil Compile:
Pernyataan IF Dua Kondisi Percabangan Bahasa C++
Hasil Compile Program Diatas
Bisa dilihat codingan diatas, jika kita memasukkan m=6 dan n=3. cout yang ada di dalam "if" akan dieksekusi pada kondisi yang pertama, karena bernilai benar.

Sedangkan jika kita memasukkan angka m lebih kecil daripada n dengan contoh m=3 dan n=6. Maka akan bernilai salah dan akan dieksekusi di kondisi yang ke 2. lihat di bawah ini untuk memperjelas.


Itu saja yang dapat saya tulis disini mengenai pernyataan IF dua kondisi dalam percabangan bahasa C++. Semoga dengan artikel ini memberikan banyak manfaat untuk kalian para pembaca. Jika terdapat pertanyaan jangan ragu untuk bertanya, caranya tinggal nulis di kolom komentar atau mengissi contact form disitus kami. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung di situs kami.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon