Monday, June 18, 2018

Bahasa C++

Bahasa C++

Bahasa C++
Monday, June 18, 2018
Setelah kita memahami bahasa pemograman Pascal, selanjutnya kita akan mempelajari bahasa pemograman C++. Jika kita sudah menguasai salah satu bahasa pemograman maka kita akan lebih mudah untuk memahami bahasa pemograman lainnya. Karena pada dasarnya algoritma yang digunakan akan sama dengan bahasa yang kita gunakan sebelumnya. Jika ini pertama kalinya anda mempelajari maka akan sangat tepat anda belajar di Zona Pemograman. 



Bahasa C++

Apa Yang Kalian Ketahui Mengenai Bahasa Pemrograman C++ ? Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa turunan dari bahasa C. Bjarne Stoutrup adalah yang membuat bahasa C++ ini. Bahasa ini di Bong Labs (Dennise Ritchie). Bahasa C dikembangkan sekitar awal tahun 1970-an, sedangkan Bahasa Pemrograman C++ dikembangkan pada awal tahun 1980-an.

Sebelum belajar lebih jauh mengenai bahasa C++, kita membutuhkan perangkat lunak (software) yang kita butuhkan untuk melakukan mencompaile. Untuk melakukan compile kita disini akan menggunakan Dev C++ yang saat ini perangkat lunak tersebut dapat didapatkan secara gratis di website resminya di http://www.bloodshed.net/devcpp.html.

Bahasa Pemrogaman C++ adalah bahasa turunan dari bahasa C yang sebelumnya dirilis. Bahasa ini bersifat case sensitive. Case sensitive adalah bahasa yang dalam penulisan huruf kapital atau huruf kecil mempengaruhi hasil kompilasi dalam compiler.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Compiler atau Kompilator


Bagian Bagian C++

Bagian bagian C++, antara lain:
  • Komentar merupakan bagian kode program yang tidak akan dieksekusi oleh compiler. Komentar digunakan untuk memperjelas codingan kita. menggunakan simbol "//" atau "/*.....*/ 
  • Identifier nama yang akan diberikan oleh programmer (orang yang membuat program). 
  • Keyword, kata kunci yang merupakan kata - kata tertentu yang mengandung arti khusus yang terdapat dalam bahasa pemrogaman. Misalnya asm, class, delete, friend, inline, new, dan sebagainya di dalam bahasa pemrograman C++ itu merupakan keyword. Kata kata yang dianggap sebagai keyword menurut standar suatu bahasa pemrogaman tersebut tidak boleh dipakai sebagai nama identifier. 
  • Library Function berbeda dengan keyword, library function adalah pustaka yang berisi fungsi-fungsi yang telah disediakan oleh bahasa C++, dalam file file header atau library-nya. Sebagai contoh salah satu fungsi library tersebut yaitu "cout" yang disimpan pada file iostream. library ini ditulis biasanya ditulis paling atas, contoh "#include <iostream>" 
  • Struktur Program
Bahasa C++
Contoh Codingan Hello World

Karena kita belum mempelajarinya akan wajar jika kita tidak mengetahui maksud dari kode program diatas. Namun saya akan menjelaskannya sedikit untuk pertama kalinya.
  • // my first program in C++, merupakan baris komentar yang diawali dengan dua buah tanda miring (//) atau diapit oleh tanda /**/ dan tidak berpengaruh terhadap program. Dalam kasus ini, baris komentar ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu program atau bagian - bagian kode yang dibuat.
  • #include <iostream>, diawali dengan tanda pagar (#) atau, baris ini merupakan baris preprocessor. Dalam kasus ini, #include <iostream> menyatakan untuk menyertakan file satandar iostream. Fungsi - fungsi yang sering dipakai oleh pemrogram awal dari pustaka iostream ini diantaran ya: cin, cout, system(“pause”), 
  • using namespace std;, baris ini memberikan perintah kepada compiler bahwasannya program yang sedang ditulis tersebut menggunakan standart C++ library. Terkadang dengan using namespace std; maka programmer tidak perlu menuliskan (.h) pada beberapa library standar C++ yang tercantum.
  • int main () , baris ini merupakan fungsi main (). Baris ini adalah inti dari sebuah program. Baris tersebut terdiri dari sedikit atau banyak serangkaian kode yang biasanya diawali dengan tanda kurung kurawal buka { dan tanda kurung kurawal tutup } dan tanda {} itu dapat menunjukkan dimana fungsi main () tersebut berawal dan berakhir atau yang biasa disebut blok kode. 
  • cout << "Hello World!"; , baris ini merupakan statement (pernyataan) C++. Suatu  pernyataan adalah ekspresi sederhana yang dapat menghasilkan beberapa efek. Perintah cout merepresentasikan standar ouput dalam C++, cout ini dideklarasikan pada file standar iostream dalam namespace std. Jadi baris kode ini berfungsi untuk menampilkan kalimat “hello world”.
    Perhatikan bahwa pernyataan diakhiri dengan karakter titik koma (;). digunakan untuk menandai akhir dari pernyataan dan harus disertakan pada  akhir semua pernyataan ekspresi dalam semua C + + program .
  • Return 0;,intruksi return menyebabkan fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam kasus ini 0. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri program tanpa timbal balik apapun.


Jadi dapat disimpulkan bahwa Bahasa Pemrograman C++ merupakan bahasa yang merupakan perkembangan dari Bahasa C. Bahasa C++ saat ini sangat terkenal sebagai pengantar awal saat mengenal coding atau pemograman komputer, namun pada umumnya beberapa orang mengenal bahasa Pascal terlebih dahulu daripada bahasa Pemograman C++. Karena saat ini Pascal sudah jarang digunakan maka bahasa ini mungkin akan menjadi bahasa pengantar bagi pemula.

Baca juga: Belajar Pascal Untuk Pemula

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon