Saturday, June 9, 2018

Looping atau Perulangan Pascal

Looping atau Perulangan Pascal

Looping atau Perulangan Pascal
Saturday, June 9, 2018
Dalam membuat program kita sering menemukan Percabangan if. Selain if kita juga sering dihadapkan dengan perulangan atau looping. Sebenarnya apa itu perulangan atau looping ini? Tentu jika kita sudah mempelajari bahasa pemograman lainnya kita sudah tahu apa fungsi dari if.

Perulangan atau Looping adalah perintah yang menjalankan perintah di dalamnya berulang-ulang sampai kondisi terpenuhi. Disinilah letak kelebihan komputer dibandingkan dengan manusia. Komputer mampu melakukan kerja berulang-ulang tanpa memiliki rasa lelah.

Namun komputer memiliki kekurangan. Komputer tidak mampu melakukannya sendiri oleh karena itu komputer membutuhkan programer untuk membuat komputer bekerja sesuai dengan yang kita inginkan. Komputer juga tidak dapat melakukan inovasi secara mandiri.

Baca Juga: Percabangan If


Looping For ... do

For ... do adalah perulangan yang jumlah perulangannya sudah dapat kita tentukan. Jika dalam statement atau perintah terdapat satu blok kode program maka kita tidak diharuskan memberikan begin dan penutup end;. Tetapi jika dalam statement atau perintah lebih dari satu blok program kita harus memberikan awalan begin dan penutup end;. Ada 3 tipe perulangan yang akan kita bahas.

Tipe pertama perulangan For ... do bilangan selalu naik dari angka pertama menuju ke angka terakhir yang akan kita inginkan. Untuk lebih memahiminya lihat contoh dibawah ini

program loop_for_do;

uses
crt;

var
i: integer;

begin
clrscr;
for i:= 0 to 10 do
writeln('Hello ke-', i);
end.

Looping adalah

Tipe kedua adalah perulangan for  downto do. Perulangan jenis ini dimulai dari angka terbesar terlebih dahulu dan angka paling kecil adalah yang terakhir.

program loop_for_downto;

uses
crt;

var
i: integer;

begin
clrscr;
for i:= 10 downto 1 do
writeln('Hello ke-', i);
end.

Looping adalah

Tipe terakhir adalah looping bercabang atau looping bersarang. Dalam pembuatan program kita akan sering menemukan looping jenis ini. Looping ini sama dengan perulangan sebelumnya. Namun yang menjadi pembedanya di dalam looping masih ada lagi looping.

program loop_for_do;

uses
crt;

var
i, k: integer;

begin
clrscr;
for i:= 10 downto 1 do
begin
for k:= 1 to i do
write('*');
writeln;
end;
end.

Looping adalah


Looping While do

Looping while do adalah perulangan yang jumlah perulangannya belum diketahui. Looping ini akan bergantung pada kondisi pengubah yang terdapat pada looping. Looping ini akan memeriksa kebenaran nilai yang diujikan, kemudian menjalankan dan mengulang perintah selama hasil pengujian bernilai benar. Terkadang jika salah looping jenis ini akan mengakibatkan looping yang tidak dapat berhenti atau dikenal dengan istilan infinite loop. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini.

program loop_while_do;

uses
crt;

var
i: integer;

begin
clrscr;
i:= 10;
while i >= 5 do
begin
writeln('Hello ke-', i);
i:= i - 1;
end;
end.

Looping adalah

Catatan : Untuk loopingjenis ini sangat tergantung dengan pengubah yang terdapat di dalam looping.


Looping Repeat Until

Looping repeat until jenis ini sebenarnya sama dengan looping while do. Looping ini pengecekan kondisi akhir berada pada akhir program. Sehingga setidaknya ada satu perintah yang dijalankan. Jika pada looping while do kondisi yang bernilai benar akan dijalankan, berbeda dengan looping repeat until. Repeat until akan terus berjalan jika kondisi bernilai salah, dan akan berhenti jika kondisi bernilai benar. Looping jenis ini umumnya digunakan jika kondisi awal belum diketahui. Bentuk umum pendeklarasiannya.

program loop_repeat_until;

uses
crt;

var
i: integer;

begin
clrscr;
i:= 0;
repeat
writeln('Belajar di Zona Pemograman');
i:= i + 1;
until i = 10;
end.

Looping adalah


Itu tadi adalah 3 jenis looping yang ada dalam bahasa Pascal. Looping ini akan sering kita jumpai dalam menyelesaikan suatu permasalah, maka kita harus benar benar memahaminya.

Baca Juga: Tipe Data Pascal

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon