Tuesday, July 10, 2018

Pengertian Pascal

Pengertian Pascal

Pengertian Pascal
Tuesday, July 10, 2018
Malam ini kita akan membahas mengenai pengertian dari Bahasa Pemograman Pascal. Bahasa pemograman pascal sering digunakan dalam Olimpiade Komputer tingkat SMA. Pascal disini bukan segitiga pascal yang diajarkan guru kita di sekolah loh. Pascal disini adalah salah satu bahasa pemograman. Sebelum mengenal apa itu pascal, ada baiknya kita mengenal apa itu Program?



Pengertian Program Komputer

Program Komputer adalah serangkaian instruksi yg di tulis untuk melakukan suatu fungsi spesific pada komputer. Komputer pada dasar-nya membutuhkan program untuk dapat menjalankan fungsi-fungsinya sebagai komputer, Pada umumnya ini dilakukan dengan mengeksekussi serangkaian instruksi program tersebut di prosessor. Sebuah program memiliki model tertentu untuk dapat dieksekusi oleh komputer. Sebuah program terbentuk jika dituliskan dengan kode program yang dapat dimengerti oleh seorang programer. Penggunaan kode program dapat berbeda beda sesuai dengan bahasa Pemograman apa yang kita gunakan. Saat ini sudah banyak bahasa pemograman yang telah diciptakan salah satunya Bahasa Pemograman Pascal.

Setelah mengetahui Program, selanjutnya apa yang membedakan dari setiap bahasa Pemograman tersebut? Setiap bahasa pemograman akan memiliki perbedaan syntax, cara penulisan, dan pendeklarasian yang berbeda. Namun jika kita menguasai salah satu Bahasa Pemograman untuk mempelajari bahasa pemograman lain akan menjadi lebih mudah. Karena untuk membuat program yang memiliki tujuan yang sama kita hanya disulitkan dalam bahasa pemogramannya, Logika berpikir, penalaran, serta algoritmanya akan sama meskipun bahasa pemograman yang digunakan berbeda.


Pengertian Pascal

Pascal salah satu bahasa pemograman komputer. Pascal adalah Bahasa tingkat tinggi (High Level Language) yaitu bahasa yg bisa dengan mudah di mengerti oleh programmer dalm konteks ini adalah manusia. Pascal tersusun dari blok blok kecil yang disebut dengan sub program. Blok blok kecil akan tesusun sehingga membentuk blok blok yang besar. Blok blok ini dibedakan menjadi prosedur dan fungsi. 

Pascal ditemukan oleh Profesor Niklaus Wirth, salah satu anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. 

Kelebihan Bahasa Pemograman Pascal
  • Tipe data yang digunakan Pascal Standar. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string,
  • Programmér dapat mémbuat tipé data lain yang diturunkan dari tipé data standar.
  • Programmér harus ménéntukan tipé data dari suatu variabél, dan variabél térsébut tidak dapat dipérgunakan untuk ményimpan tipé data sélain dari format yang diténtukan.
  • Mémiliki sintaks yang mémungkinkan pénulisan program dipécah ménjadi fungsi-fungsi kécil (procéduré dan function) yang dapat dipérgunakan bérulang-ulang.
  • Mémiliki struktur yang sédérhana dan sangat méndékati bahasa manusia (bahasa Inggris) séhingga mudah dipélajari dan dipahami.
Kekurangan Bahasa Pemograman Pascal
  • Pascal tidak mendukung pemrograman berorientasi objek.
  • Syntax yang dimiliki pascal bertele tele, kurang sederhana.
  • Pascal kurang cocok untuk membuat aplikasi besar.
  • Pascal sudah tidak dikembangkan lagi
  • Dukungan basis data yang terbatas.


Itu tadi artikel mengenai Bahasa Pemrograman Pascal. Sebagai tambahan sampai saat ini TOKI atau Tim Olimpiade Komputer menggunakan Bahasa Pascal dalam penilaiannya. Pascal juga sangat cocok untuk kita yang baru memulai mengenal program komputer, selain bahasa C++ yang menurut saya juga cocok untuk mengenal algoritma dan pemrograman.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon