Tuesday, July 17, 2018

Perulangan atau Looping For C++

Perulangan atau Looping For C++

Perulangan atau Looping For C++
Tuesday, July 17, 2018
Selamat malam pembaca, kali ini materi lanjutan dari pembahasan kita mengenai C++. Materi ini sangat dibutuhkan jika kita ingin membuat program yang berulang. Kita tidak perlu menulisnya berulang ulang, namun kita cukup menuliskannya sekali. Yap bagian ini adalah salah satu kelebihan mesin yaitu melakukan hal yang sama berulang kali tanpa bisa mengeluh.


Pengertian Looping

Looping atau perulangan adalah proses yang dilakukan secara berulang ulang sampai batas yang ditentukan. Biasanya jiko proses looping tidak selesai atau infinity loop maka dalam logika atau algoritma pemograman yang kita buat memiliki masalah. Hal ini dapat menjadi masalah yang sulit untuk dipecahkan jika algoritma yang dibuat tidak sejalan dengan apa yang kita harapkan. Seharusnya looping dapat selesai dalam beberapa pengulangan sesuai dengan yang kita harapkan.


Looping atau Perulangan For

Looping for digunakan untuk mengulang proses yang telah diketahui jumlah perulangannya. Untuk membuat looping for ini kita membutuhkan library yang biasa digunakan untuk menampilkan dan meminta masukan dari user. Library yang biasa digunakan adalah iostream. Struktur dari looping for ini adalah sebagia berikut.
for(variable = nilai awal; kondisi; pengubah nilai){
Baris Program}
Baris program berisi program yang akan kita ulang. Looping ini membutuhkan nilai awal, kondisi dan pengubah nilai. Pengubah nilai dapat berupa increment, decrement dan dalam bentuk yang lainnya. Jika dalam membuat program kita salah menggunakan pengubah nilai ini, maka program akan mengulang secara terus menerus yang biasa disebut dengan infinite loop.  Berikut dibawah ini adalah algoritma dari looping ini.


Contoh Program Looping For C++

Contoh program dibawah ini adalah program perkalian menggunakan looping.
#include<iostream>

using namespace std;

int main(){
int x, a;
a = 5;
for(x=1; x<=10; x++){
cout<< x << " x " << a << " = " << x*a << "\n";
}
}
Hasil dari program diatas adalah sebagai berikut.


Oke itu adalah pembahasan mengenai Looping For pada C++. Looping ini akan sering kita jumpai dalam pembuatan program. Jadi kita harus sering belajar banyak mengenai looping ini. Sehingga kita terbiasa dengan soal soal perulangan yang rumit.

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon