Wednesday, January 1, 2020

Menambah atau push data Firebase dengan Node JS

Menambah atau push data Firebase dengan Node JS

Menambah atau push data Firebase dengan Node JS
Wednesday, January 1, 2020
Selamat tahun baru untuk kita semua yang menggunakan kalender masehi. Sebelum artikel ini dimulai saya mau menulis mengenai hal yang berbeda dari artikel ini. Kurasa momen yang pas buat menulis ini.

- Surat untuk masa depan -
Angkasa

Hei kau di masa depanku. Apakah kau nikmati hidupmu? Wahai kau dimasa depanku, dapatkah kau temukan tujuanmu? Sunyi malam temaniku dan bintang di angkasa tinggi. Nada di angkasa tak terhenti. Lirih menggumam kata beri diri. Semangati hati tanpa henti, walau tangis membasahi pipi.

Hei kau di masa lalu ku. Tahukah ku di sini karenamu. Terima kasih berkat kamu. Debu bintang terangiku dan mimpi di angkasa tinggi-tinggi. Lara di angakasa tak terhenti bangkit menggapai mimpi tanpa henti. Demiku di sini kelak nanti, walau tangis membasahi pipi.
Oh iya itu bukan buatan gue ya. Kembali ke artikel mengenai firebase. Sebelum masuk ke database pada firebase kenalan dulu dengan firebase.



Firebase adalah suatu layanan dari mbah google yang biasa digunakan oleh pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya. Firebase sendiri ada yang free dan ada yang berbayar.

Memulai Firebase

Sebelum memulainya buat project firebase dulu di https://console.firebase.google.com/?pli=1. Create new project, next-next aja sampai selesai. Kalau sudah masuk ke database trus klik create database. Tinggal next aja trus kok. Dalam database di firebase kan ada yang cloud firestore sama realtime database. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai push data pada firebase.

Baca juga: Canvas Javascript Sprite Sheet Animation Fungsi Sinus Cosinus

Database pada firebase berbeda dengan database pada SQL. Pada sql database berbentuk tabel-tabel yang dapat direlasikan, sedangkan pada firebase database disimpan dalam format Json atau kepanjangannya `javascript object notation`. Database dalam bentuk ini juga disebut dengan noSQL.

Setelah selesai create database buka tab rules atau aturan. Rules ini digunakan untuk mengamankan data kita biar gak sembarang orang dapat akses. Karena dalam artikel ini kita hanya membahas metode push kita buat biar bisa diakses tanpa authentication. Caranya atur seperti gambar di bawah ini:


ubah read sama write jadi true.

Kita sudah selesai untuk menyiapkan project firebase kita yang akan kita gunakan. Sekarang pada komputer kita.

Persiapan memulai project firebase yang akan kita gunakan

Sekarang jika belum ada install dulu node js. Cara installnya gampang kok. cuman tinggal klik next aja selesai. Link download node js nya download di situs resminya https://nodejs.org/en/

Setelah menginstall node js sekarang saatnya untuk mengistall firebase toolsnya. Buka terminal atau cmd atau node terminal yang dari firebasenya kalau pakek windows, windows cmd juga bisa harusnya. Ketik 'npm install -g firebase-tools' lalu enter tunggu beberapa saat.

Setelah masuk ke directory folder yang mau dibuat project. Kemudian ketik 'firebase init', kemudian 'Which Firebase CLI features do you want to set up for this folder? Press Space to select features, then Enter to confirm your choices.' klik space pada Database dan Functions yang nanti akan kita gunakan. Kemudian enter


Trus pilih 'use an existing project' karena tadi sudah dibuat dengan browser. Pilih project kamu. Kemudian tekan enter sampai selesai untuk set ke defaultnya. Defaultnya kita akan coding di index.js dalam folder functions.

Coding Push data Firebase Node JS

Sebelum masuk coding buka firebase dengan browser open project klik gambar roda gigi kemudian klik pengguna dan izin masuk pada tab akun layanan. Trus buat kunci pribadi pilih yang node. Lihat gambar dibawah ini:


Taruh di directory project komputer kamu dalam folder functions kemudian saatnya kita mulai codingannya.


Untuk menjalankan codingannya kita cuman tinggal ketik 'node index.js' di terminal yang digunakan. Penjelasan dari codingannya sudah saya taruh di kodingan tersebut. Untuk lebih jauh lagi mempelajari firebase anda dapat membuka dokumentasi dari firebase di link ini https://firebase.google.com/docs/.

Semoga dapat dipahami dan selamat tahun baru 2020. Happy New Year. 

Berkomentarlah secara bijak.
EmoticonEmoticon